ANDA SIBUK BEKERJA, INGIN KULIAH S1 S2, SILAHKAN BERGABUNG DI PROGRAM KELAS KARYAWAN DI BEBERAPA KOTA:
JAKARTA    |    YOGYAKARTA    |    BANDUNG    |    MEDAN

Fakultas Ilmu Komunikasi UMB bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Universitas Islam Negri (UIN)


Fakultas Ilmu Komunikasi UMB bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Universitas Islam Negri (UIN) melaksanakan program pengabdian pada masyarakat dengan tema literasi politik untuk pemilih muda. Model kerjasama yang dilakukan adalah diawali dengan telah dilaksanakannya sosialisasi literasi politik bagi pemilih muda di kampus UMN, dengan narasumber dosen dari FIKOM UMB.

Dilanjutkan dengan agenda P2M sosialisasi literasi politik bagi pemilih muda, bertempat di ruang UMB Tower 401-403, Kampus Menara Bhakti UMB Jakarta Barat, dengan menghadirkan 5 dosen UMN dan UIN. Mereka adalah Syarifa Amelia,S.Sos.M.Si, FX. Lilik Dwi Mardjianto,S.S.,M.A,  Rony Agustino Siahaan,M.Si, Kartika Aryani Harijono,M.Ikom dan Ambang Priyonggo, 13/6/14. Sedangkan narasumber dosen dari UIN adalah Dr. Iding R. Hasan. Sementara dari UMB, hadir narasumber dosen yang meliputi Afdal Makuraga, MSi,   Drs. A.Rachman, MM, MSi dan DR. Elly. Kegiatan sosialisasi ini membahas mengenai Pendidikan Demokrasi 2014. Mendukung program pemilu 2014 saatnya yang muda bicara pemilu, kampanye serta propaganda.

Kegiatan tersebut diikuti 120 mahasiswa/i yang terbagi dalam 3 kelas. Setelah kegiatan sosialisasi selesai, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan debat mahasiswa/i dari masing masing perwakilan kelas mengenai koalisi tanpa syarat / koalisi tanpa bagi-bagi kursi. Sekaligus membahas Debat Capres pertama yang  berpengaruh pada elektabilitas calon presiden masing-masing. Debat ini terbagi dalam dua tim yaitu tim pro dan tim kontra. Penilaian yang dinilai juri adalah mengenai logika berpikir, ketepatan argumentasi cara penyampaian (ekspresi/artikulasi). Dewan juri dalam debat, terdiri dari 1 dosen UMB, 2 dosen UMN dan moderator debat oleh Dr. Iding R. Hasan dari UIN. Pada minggu berikutnya, kegiatan P2M akan dilaksanakan di kampus UIN. Kegiatan ini pada dasarnya untuk meliterasi pemilih pemula / pemilih muda agar bisa menggunakan logika ketika menjelang pemilu dan tidak hanya sekedar menggunakan perasaan maupun emosi. Pemilih pemula / muda diajak untuk menyadari betapa pentingnya suara mereka terhadap hasil pemilu karena dari 186 juta jumlah pemilih, 32 juta pemilih adalah pemilih pemula / muda